pandiran

Sekedar Berbagi Informasi

apa seh yang dicari?

Kalimat tersebut terlontar saat perjalanan antara Samarinda-Balikpapan (24/01/08), hari itu saya mendapatkan pelajaran mengenai arti hidup, banyak dari kita belum menyadari apa seh yang dicari dalam hidup, bagaimana kita menghargai hidup kita selama ini, sudah berapa banyak keputusan yang telah kita ambil?

Jika kita runut satu persatu keputusan apa yang telah kita ambil dalam hidup ini, kita akan melihat bahwa semua keputusan yang telah kita ambil telah mempunyai jalan masing-masing, disetiap keputusan yang kita ambil  ada persimpangan lain yang menunggu kita di depan, dan kadang sebagai insan manusia kita tidak tahu halangan apa yang menghadang kita.

Kembali pada kalimat headline di atas, apa seh yang kita cari? Pertanyaan ini saya yakin pasti akan muncul pada benak kepala kita, ditengah kesibukan mencari yang namanya materi, pasti sekilas terbesit di kepala kita. Jika saya bisa menjawab pertanyaan itu, saya akan mencari sesuatu yang membuat saya senang, membuat hati bahagia, hidup penuh dengan cinta, dan bla..bla..bla.. Sangat banyak yang saya cari dalam hidup ini tapi yang pasti adalah bukan mencari materi sebagai tujuan hidup saya.

Tulisan ini saya buat sebagai bahan renungan bahwa, banyak hal diluar sana yang kita bisa perbuat untuk membuat orang lain bahagia, dan saya sedang mencoba mencari sesutau yang bisa buat orang bahagia.

February 15, 2008 - Posted by | opini

2 Comments »

  1. wah…berat ni..”apa yg dicari”.
    Sekedar comment aja..
    Dapat renungan ni pada perjalanan smd-bpp. kalo bole tau pake kendaraaan apa ya? masalahnya kalo pake kendaraan sendiri, anggaplah mobil pribadi, pada saat terbesit renungan yg diatas yg ujungnya tuk membahagiakan orang lain, kita bisa langsung aplikasikan, misal memberikan tumpangan ke orang yang butuh tumpangan dijalan ke mobil kita ato mampir sekedar membeli sofdrink di warung pinggir jalan yg tentu saja membantu menambah omset warung tersebut. Hal seperti tu kan agak susah kalo kita pake kendaraan umum, mungkin ada beberapa hal yg bisa kita lakukan tuk membahagiakan orang lain pada saat kita menggunakan kendaraan umum, cuman peluangnya tidak sebesar kendaraan pribadi. Sekedar gambaran aja bahwa semakin besar materi yang kita miliki semakin besar juga peluang kita membahagiakan orang lain. MIsal kita punya uang pas2an yg cukup buat ngisi kotak amal tiap hari jumat, beda dunk sama orang yang punya kemampuan lebih utuk menyumbang pesantren ato bahkan membangun pesantren.
    Takutnya aja, kata-kata “Sangat banyak yang saya cari dalam hidup ini tapi yang pasti adalah bukan mencari materi sebagai tujuan hidup” malah membuat semangat kerja kita menurun…kedengarannya c mang kata-kata tu seperti lg desperate gtu.

    Comment by Acenk | March 10, 2008 | Reply

  2. saya ingat kata-kata Khoemeni
    “…berbuatlah sesuatu untuk masyarakat…”

    Comment by tukangsate | March 25, 2008 | Reply


Leave a Reply

