pandiran

Sekedar Berbagi Informasi

Harimau Sumatera Terkam Warga di Dharmasraya

Seekor harimau sumatra meresahkan warga di Lubuak Karak, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, menyusul tewasnya Lubis (30) diterkam si raja hutan itu, Kamis (28/9) petang. Jenazah korban ditemukan dalam kondisi tidak utuh, Jumat (29/9) pagi.

Itu diungkapkan Kepala Polisi Resor Dharmasraya, AKBP Arum Priyono, yang menghubungi Kompas, Jumat malam. “Korban diketahui masuk hutan mencari kayu untuk bangunan bersama tiga temannya. Dua teman lainnya pulang duluan, sedangkan korban masih cari kayu tambahan untuk penarik kerbau. Sampak Kamis petang (berbuka) korban belum juga pulang,” katanya.

Ditunggu keluarganya hingga tengah malam, Lubis tak kunjung pulang. Khawatir terjadi sesuatu, Jumat pagi warga dikerahkan mencari Lubis. Sekitar pukul 08.30 WIB, korban ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, bagian tubuh tidak utuh lagi.

“Bagian leher belakang korban ada bekas gigitan harimau. Sedangkan bagian pinggang ke bawah daging tubuh sudah tak ada lagi, tinggal tulang dan telapak kaki,” papar Arum Priyono.

Malah, pada saat pencarian korban, warga sempat melihat harimau sumatra melintas tak jauh dari penemuan mayat korban.

Korban Lubis akhirnya dikebumikan di pekarangan rumahnya, Jumat petang. Korban meninggalkan seorang istri dan seorang anak.

Menurut Kapolres Dharmasraya itu, pihaknya sudah mengimbau wali nagari dan masyarakat agar lebih berhati-hati ke ladang atau ke hutan. Harimau sumatra itu kini menjadi ancaman serius, karena habitatnya terus tergusur, menyusul maraknya pembakaran dan penebangan hutan untuk membuka kebun karet, sejak beberapa bulan terakhir.

“Kita berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat untuk membuat perangkap harimau, agar satwa langka itu bisa diselamatkan dan warga juga aman, tidak menjadi resah,” pinta Arum Priyono.

sumber: KCM

April 8, 2007 - Posted by | Kucing Besar

1 Comment »

  1. sungguh berita yang sangat mengenaskan
    ketika saya ke silago memang saya mendengat kejadian tersebut dan cukup menakuti warga sekitar.

    Comment by TITO | December 4, 2007 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: